BERITA & ARTIKEL - KEGIATAN & PROMOSI

ST. CAROLUS BERITA & ARTIKEL

SEMINAR "DEMAM PADA ANAK"

Hari Anak Nasional - 23 Juli 2017, RS St. Carolus dengan citra sebagai ...

Post on 23 August, 2018

Hari Anak Nasional - 23 Juli 2017, RS St. Carolus dengan citra sebagai RS Ibu Sayang dan Anak menyelenggarakan Seminar Awam Ibu Peduli dan Anak yang bertemakan “Tepat & Sigap Atasi 5 Kondisi Demam pada Anak” pada tanggal 22 Juli 2017 di Auditorium RS St. Carolus.

Seminar dengan narasumber dokter spesialis anak dengan subspesialis neuro anak dr. Eveline P. N, Sp.A, IBCLC RS St. Carolus ini bertujuan mengedukasi orangtua untuk mengenali tanda dan gejala 5 demam pada anak sehingga mampu mencegah dan menanggulanginya dengan baik, ke-5 jenis demam tersebut yaitu demam akibat penyakit infeksi saluran pernapasan, demam berdarah, demam chikungunya, demam malaria, dan demam yang dewasa ini banyak menjadi bahan perbincangan pada media massa dan elektronik yaitu demam Zika.

Seminar yang disponsori tunggal oleh salah satu produk farmasi dan event organizer Anakkumedia ini dihadiri lebih kurang 100 orangtua dan anak. Berlangsung sangat antusias dengan kegiatan yang menarik perhatian dan terdapat sesi pendekatan keluarga yang tidak banyak ditemui pada seminar-seminar lainnya, seperti lomba foto keluarga (photobooth), pengadaan pencerita dongeng terhadap anak-anak oleh seseorang professional, tentunya bertujuan menciptakan keadaan yang tetap kondusif tanpa mengurangi makna dari edukasi seminar tersebut.

Narasumber mengimbuhkan bahwa demam adalah peningkatan suhu tubuh ≥380C yang merupakan respon alami tubuh melawan infeksi. Penyebab demam termasuk infeksi umum pada masa kanak-kanak diantaranya flu ringan, influenza, diare akibat infeksi, dll. Demam memiliki tingkat kejadian kesakitan yang tinggi dan berpotensial sebagai penyebab kematian jika tidak diobati dan tidak jarang menimbulkan kepanikan yang luar biasa pada orang tua. Penyebarannya terutama pada negara tropic, subtropic dan berkembang sehingga patut memperoleh perhatian dan pendekatan khusus berdasarkan usia anak, riwayat, dan hasil pemeriksaan klinis. Penularan terjadi akibat vector nyamuk menurut jenis demamnya, sehingga untuk pemberhentian rantai penularan dilakukan pembasmian vector, dan apabila sudah terjangkit demam maka perlu dilakukan pengobatan dengan obat dan dosis yang tepat.

Pembahasan cara tepat dan sigap mengatasi demam pada anak ini sangat bermanfaat dan dinikmati oleh peserta seminar karena demam pada anak merupakan penyakit yang tak jarang ditemukan pada kehidupan sehari-hari, tingkat kemanfaatan materi pun dibuktikan dengan penambahan pengetahuan dan informasi pada sesi tanya jawab antara pembicara dengan peserta dan juga berdasarkan data pengisian lembar evaluasi dimana peserta menyarankan untuk menyelenggarakan seminar-seminar berikutnya di RS St. Carolus.