Gemar Olahraga Raket? Hati-hati dengan Tennis Elbow!

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan dr. Leonard Christianto Singjie

OLAHRAGA dengan menggunakan raket merupakan olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bulu tangkis, salah satunya. Bulu tangkis merupakan olahraga yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di mata dunia. Masyarakat dari berbagai kalangan, baik tua maupun muda, perkotaan hingga pedesaan, tentunya mengenal olahraga ini. Akan tetapi, permainan bulu tangkis yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada siku Anda. Penyebab nyeri pada siku yang paling sering ditemui pada pemain olahraga dengan menggunakan raket dikenal dengan nama tennis elbow.

Tennis elbow atau lateral epicondylitis terjadi pada 1–3 orang dari 100 orang. Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, 50 persen dari pemain tenis dan 26 persen dari pemain bulu tangkis pernah menderita penyakit ini. Tidak hanya olahraga raket, angkat beban (gripping dan lifting) serta aktivitas dengan repetisi berlebih (mencuci pakaian, memeras baju, dan mengepel) pada siku juga dapat menyebabkan tennis elbow.

Nyeri pada tennis elbow dirasakan secara bertahap pada sisi luar siku. Nyeri juga dirasakan ketika dilakukan penekanan pada bagian luar siku. Terkadang, dapat terlihat sedikit pembengkakan pada daerah tersebut. Akan tetapi, Anda tidak akan merasakan keterbatasan dari gerakan siku. Diagnosis tennis elbow dapat ditegakkan dengan gejala yang dialami dan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI.

Namun, jangan khawatir apabila Anda mengalami tennis elbow. Sebanyak 9 dari 10 penderita sembuh tanpa menggunakan operasi. Pengobatan tennis elbow diberikan sesuai dengan gejala yang dialami oleh pasien, yaitu antinyeri. Selain penggunaan obat, aktivitas yang menggunakan gerakan siku berlebihan harus dikurangi. Fisioterapi juga dapat membantu Anda dalam mempercepat penyembuhan penyakit ini.

Operasi dibutuhkan apabila pengobatan dengan menggunakan obat-obatan tidak memberikan respons yang baik. Operasi dapat dilakukan secara terbuka ataupun secara arthroscopic yang memiliki tingkat penyembuhan lebih cepat.

Anda tidak perlu cemas, pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi aktivitas yang menggunakan siku secara berlebihan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai nyeri sendi dan otot terkait olahraga, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. RS St. Carolus-Bone and Joint Center siap membantu menyelesaikan masalah yang Anda alami.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.