Jari-jari Tangan Sering Kesemutan, Carpal Tunnel Syndrome?

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan dr. Lucius Aristo Kane

CARPAL tunnel syndrome (CTS) atau dikenal juga dengan sebutan sindrom terowongan/lorong karpal adalah kondisi jari-jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Hal ini terjadi akibat adanya tekanan pada pergelangan tangan.

Dalam pergelangan tangan, terdapat lorong karpal berisi saraf median, yang memersarafi pergerakan dan sensasi jari jempol, serta pergerakan seluruh jari (kecuali kelingking). Saraf diselubungi oleh jaringan yang membungkusnya, disebut ligamen. Tekanan pergelangan tangan menyebabkan peradangan pada selubung sehingga terjadi gangguan pada pergerakan dan sensasi jari-jari tersebut.

Siapa pun dapat mengalami ini, tidak memandang jenis kelamin dan usia. Namun, CTS lebih banyak ditemukan pada perempuan karena memiliki terowongan yang lebih sempit dan akan lebih sempit ketika sedang hamil.

Pekerjaan Anda dapat menjadi faktor yang berpengaruh, terutama bila pekerjaan memicu penekanan pergelangan tangan, contohnya mengetik, penjahit, dan pekerja mekanik. Kita perlu menghindari posisi tangan yang menekan pergelangan.

Kondisi lain, yaitu diabetes yang menyebabkan peradangan saraf atau obesitas yang mempersempit terowongan dapat meningkatkan kejadian CTS.

Apa yang Anda dapat lakukan? Periksakan diri ke dokter bila keluhan mengganggu Anda. Penanganan dokter tergantung dari derajat keparahannya. Pertama, bila yang dirasakan hanya kesemutan atau mati rasa, Anda dapat menggunakan splint sebagai penyokong gerakan sendi.

Kedua, keluhan disertai nyeri, terutama saat malam hari, dokter dapat menambahkan obat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan. Ketiga, apabila obat minum tidak dapat mengatasi nyeri, dapat dilakukan dengan pengobatan anti-inflamasi secara disuntik.

Keempat, nyeri tetap dirasakan dengan berbagai pengobatan, maka pembedahan perlu dilakukan. Konsultasi dapat dilakukan di Rumah Sakit St. Carolus Joint and Bone Center.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.