Mengatasi Stres pada Masa Pandemi Covid-19 (Bagian 2)

Oleh: dr. Yenny S. Sinambela, SpKJ

PEMERINTAH mengimbau masyarakat agar bisa berdamai, beradaptasi, dan hidup berdampingan dengan Covid-19 serta mulai masuk ke tahap new normal agar kita bisa tetap produktif. Oleh karena itu, kita harus memiliki pengetahuan seputar menghadapi Covid-19. Kita pelajari bagaimana cara penularan dan pencegahannya.

Dengan demikian, diharapkan kita tidak menjadi waspada berlebihan dan bisa lebih beradaptasi hidup dalam tahap new normal yang berfokus pada kebiasaan perilaku yang baru berbasis budaya hidup bersih dan hidup sehat. Selain kesehatan fisik kita, penting menjaga kesehatan mental agar tidak stres berkepanjangan yang dapat mengeluarkan hormon kortisol yang memengaruhi sistem imunitas tubuh.

Departemen Psikiatri Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia membuat tips yang mudah diingat untuk mengatasi stres saat pandemi ini yang disingkat menjadi TEMAN.

Terima bahwa rasa tidak nyaman ini wajar dan akan berlalu. Pada situasi yang tidak menentu ini perasaan cemas, takut dan tidak berdaya adalah wajar. Kita bisa mengelola pikiran dan emosi itu dengan berpikir positif, latihan relaksasi, meditasi, dan meningkatkan spiritual kita. Namun, jika gejalanya menjadi berlebihan dan tidak rasional dan menimbulkan penderitaan perlu konsultasi lebih lanjut untuk mendapatkan psikoterapi dan psikofarmaka. Terimalah bahwa satu satunya yang konstan dalam hidup adalah perubahan, baik besar maupun kecil, diharapkan atau tidak diharapkan. Dengan mampu menerima segala perubahan itu, diharapkan kita bisa lebih tenang menghadapi realita.

Efektifkan pola hidup bersih dan sehat seperti menjaga kebersihan tangan, olahraga, makan makanan bergizi, cukup tidur. Hindari rokok dan napza. Pada masa pandemi ini, pentingnya kita mengikuti protokol yang sudah dibuat pemerintah agar kita mulai membudayakan perilaku hidup bersih, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Rajin berolahraga, tidur yang cukup, dan konsumsi makanan bergizi karena kita perlu juga meningkatkan sistem imun kita,

Mencari informasi terkait Covid-19 hanya dari sumber tepercaya. Pemahaman yang keliru mengenai Covid-19 dan informasi yang simpang siur dapat membuat kita jadi bingung, maka penting mencari informasi dari sumber yang bisa dipercaya. Batasi 1–2 jam per hari menonton, melihat atau mendengar informasi seputar pandemi Covid-19.

Alihkan rasa cemas dengan membaca buku, menonton, mendengar musik, dan aktivitas yang menyenangkan lainnya. Ketika melakukan aktivitas yang menyenangkan, diharapkan tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan positif, perasaan senang, dan nyaman sehingga membuat kita bersemangat dan hal ini baik untuk daya tahan tubuh.

Nyatakan perasaan dan pikiran yang tidak nyaman kepada orang yang dapat membantu. Salah satu metode paling efektif untuk menghilangkan stres adalah mampu mengekspresikan diri kepada orang lain dan mengutarakan apa yang kita rasakan.

Waktu terus berjalan pada masa pandemi ini berharap kita semakin meningkatkan adaptasi hidup di tahap new normal, tetap memiliki pengharapan, optimisme dan menjaga keseimbangan fisik dan mental. Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.