Olahraga Tepat untuk Tulang Belakang Sehat

Olahraga Tepat untuk Tulang Belakang Sehat

Oleh: Dr. dr. Ifran Saleh, SpOT(K)Spine dan dr. Maria Florencia Deslivia, SpOT, PhD

 

Apakah semua orang pasti akan menjadi ringkih seiring pertambahan usia? Nyatanya, mungkin saja untuk berusia 60 tahun dengan postur tegap serta energi yang sama seperti Ketika berusia 30 tahun. Kuncinya adalah menabung massa otot sejak dini dengan Gerakan Latihan yang benar dan porsi yang sesuai.

Otot dan tulang berkaitan erat satu sama lain. Rangka tulang “hanya” menyediakan tempat perlekatan bagi otot, sedangkan otot lah yang menanggung beban dan melindungi tulang. Massa otot dalam jumlah yang cukup berimbas pada kekuatan dari tulang. Sebaliknya, kekurangan massa otot menimbulkan kerapuhan tulang atau osteoporosis. Khususnya bagi tulang belakang, otot yang berperan penting adalah otot batang badan atau otot punggung dan otot perut. Kelompok otot inilah yang perlu dijaga untuk mencegah kebungkukan di usia senja.

Lantas, Latihan apakah yang sesuai? Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas aktivitas berenang sebagai salah satu pilihan terbaik karena adanya efek air yang membuat bobot tubuh seakan lebih ringan dan mengurangi beban di persendian. Namun, ahli bedah tulang belakang Anda mungkin pula akan merekomendasikan olahraga Pilates.

Pilates dikembangkan oleh Joseph Pilates pada tahun 1940an dengan target utama berupa otot batang badan. Gerakan pilates, apabila dilakukan dengan benar akan membangun kekuatan dari otot abdomen, diafragma, hingga dasar panggul sehingga dapat menyejajarkan, menstabilisasi, dan melindung tulang belakang dari cedera. Tak hanya penguatan otot inti, pilates pun menekankan pentingnya presisi, aliran, kontrol, konsentrasi dan Teknik pernapasan. Tujuan akhirnya adalah memperbaiki kekuatan otot inti, serta mempertahankan postur dan Gerakan yang baik bahkan tanpa Anda sadari. (Lihat gambar)

Pada pasien yang sudah mengalami nyeri di area punggung sekalipun, Latihan fisik ini tetap direkomendasikan.  Hal ini dikarenakan aktivitas fisik membantu melancarkan Gerakan sendi serta mengurangi peradangan. Seni nya adalah mencari waktu yang tepat setelah gejala-gejala fase akut mereda serta berlatihan dengan porsi yang bertahap. Untuk penanganan fase akut yang tepat pada masalah tulang belakang dan kapan Anda dapat Kembali beraktivitas fisik dengan aman, konsultasilah segera kepada ahli ortopedi tulang belakang. (Bersambung)

Berbagai jenis Latihan penguatan otot batang badan. Aktivasi kelompok otot ini baik untuk mendapatkan postur tubuh, bentuk tulang belakang yang baik, dan mencegah cedera. (Sumber: University of Waterloo)

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.