AADG Ada Apa Dengan Ginjal

AADG, Ada Apa Dengan Ginjal ?

Sebagian besar masyarakat masih berpikir bahwa fungsi ginjal hanya terbatas pada menghasilkan air seni semata.  Namun ternyata  peranan ginjal  dari sekedar itu. Mulai dari membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh,  menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, mengatur tekanan darah, memproduksi vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang, serta memproduksi hormon yang membantu pembentukan sel darah merah. Begitu kompleksnya fungsi ginjal sehingga apabila terjadi gangguan pada ginjal, akan memberikan efek yang cukup besar terhadap tubuh kita.

Fakta lain yang menarik adalah walaupun manusia memiliki sepasang ginjal, namun manusia dapat hidup dengan normal hanya dengan satu ginjal saja. Satu dari 750 orang dilahirkan dengan hanya satu ginjal namun tetap dapat menjalani hidup dan beraktivitas seperti biasa. Kedua ginjal bekerjasama dalam melakukan fungsinya, dan apabila salah satunya mengalami gangguan, maka ginjal lainnya akan mengkompensasi fungsi ginjal yang terganggu.

Free Photo | Person holding anatomic heart model for educational purpose (freepik.com)

Bagaimana mengenali gejala dan tanda gangguan ginjal ?

Terdapat bermacam-macam jenis penyakit ginjal, antara lain kelainan sejak lahir, infeksi  ginjal, batu ginjal, kista ginjal, tumor ginjal, penyakit autoimun pada ginjal, yang dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal bahkan sampai terjadi gagal ginjal. Selain penyakit yang berasal dari ginjal, kerusakan pada ginjal dapat disebabkan berbagai penyakit lainnnya, yaitu diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, dan penyakit autoimun. Penggunaan obat-obatan tertentu secara bebas dan tanpa pengawasan berpotensi merusak ginjal.

Gejala akibat penyakit ginjal dapat beragam sesuai dengan penyebabnya, antara lain : demam yang disertai nyeri pada buang air kecil, air seni yang tampak lebih pekat, bercampur darah, atau tampak berbusa, nyeri pada pingggang, bengkak pada kedua kaki dan seluruh tubuh. Namun, yang harus diwaspadai pada penyakit ginjal kronik adalah seringkali tidak disertai gejala yang spesifik dan baru terdeteksi ketika fungsi ginjal mengalami penurunan yang signifikan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemeriksaan berkala terhadap fungsi ginjal, terutama jika memiliki penyakit yang berisiko menyebabkan gangguan ginjal.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal ?

PENCEGAHAN ! Ya, pencegahan adalah hal yang sangat penting, terutama untuk menghindari terjadinya penyakit ginjal. Serangkaian upaya dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal antara lain : menjalani pola hidup sehat yaitu minum air sesuai kebutuhan tubuh, olah raga teratur,  makan seimbang, menjaga berat badan ideal, membatasi jumlah alkohol, tidak merokok, berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan khususnya obat anti nyeri. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara berkala sesuai dengan profil kesehatan masing-masing individu, terutama bila memiliki penyakit yang berisiko menyebabkan gangguan ginjal atau memiliki keluarga yang mengalami penyakit ginjal.

Apa yang dapat dilakukan jika telah mengalami gangguan ginjal ?

Gangguan ginjal seringkali menjadi momok bagi masyarakat sehingga pasien menjadi takut untuk berobat. Perlu disadari bahwa semakin dini gangguan ginjal dideteksi, maka dapat dilakukan pengobatan yang sesuai yang bertujuan mencegah terjadinya perburukan fungsi ginjal yang mengarah pada gagal ginjal. Namun demikian, kondisi gagal ginjal pun bukan akhir dari segalanya. Terdapat pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dialisis dan transplantasi atau cangkok ginjal. Proses dialisis dapat membantu menggantikan sebagian fungsi ginjal  melalui mesin atau membran rongga perut pasien. Transplantasi atau cangkok ginjal  menggunakan ginjal dari orang lain untuk menggantikan ginjal yang rusak. Semua hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien gagal ginjal.

Dibalik bentuknya yang mungil, ternyata banyak hal yang perlu kita ketahui tentang ginjal, banyak hal pula yang dapat kita lakukan untuk menjaganya tetap sehat, dan pada kondisi ginjal yang terganggu banyak hal yang dapat kita lakukan. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mencari sumber informasi yang adekuat dan terpercaya terkait kesehatan ginjal. Informasi ini dapat anda temukan di fasilitas kesehatan yang memfokuskan pada edukasi kesehatan ginjal.

Salam Ginjal Sehat untuk Semua !

dr. Fransiska, Sp.PD

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.