Healing Garden Mengenal Kanker Serviks

Rumah Sakit St. Carolus aktif melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pasien dengan sepenuh hati. Kegiatan tersebut salah satunya merupakan kegiatan Healing Garden yang rutin di lakukan setiap bulannya saat minggu ke empat atau pun minggu ke lima. Healing Garden di lakukan untuk mengajak para pasien yang di rawat inap maupun rawat jalan untuk dapat hadir guna menikmati topik yang berkualitas seputar kesehatan.

Pada Jumat, 23 Februari 2024 yang lalu, Healing Garden kembali di lakukan dengan mengangkat topik seputar Kanker Serviks. Pemilihan topik ini tentu di dasarkan akan suatu hal yang dapat  menunjang kesehatan bersama, yaitu dalam rangka hari kanker sedunia. Dimana kita tahu, bahwa pada tanggal 4 Februari merupakan hari kanker sedunia.

Untuk mendukung keberlangsungan Healing Garden, banyak pihak yang tentu terlibat di dalamnya. Seperti adanya kehadiran dr. Yohanes Alda, SpOG sebagai narasumber yang memiliki segudang ilmu dan pengetahuan berkaitan kesehatan mengenai topik kali ini (Mengenal Kanker Serviks). Setelah pembukaan dari pembawa acara, kata sambutan, dan doa pembuka, topik pun mulai di bawakan oleh dr. Yohanes Alda.

Dalam pembahasan yang di bawakan oleh dr. Yohanes Alda, di sebutkan bahwa penyebab timbulnya kanker servis di sebabkan oleh sekelompok virus yang berhasil menginfeksi leher rahim. Kasus ini tentu lebih condong dan berpotensi terjadi pada perempuan. Hal ini di dukung oleh adanya kenyataan bahwa rahim hanya di miliki manusia yang berjenis kelamin perempuan.

Di lain sisi, perempuan yang lebih berisiko terkena kanker ini merupakan perempuan yang telah aktif berubungan badan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa virus dapat menyerang perempuan di usia lebih muda maupun lebih tua. Karena, selain pontensi tersebut lebih kuat terjadi bagi perempuan yang sudah aktif berhubungan badan, namun kebersihan diri juga dapat menjadi penyebabnya, lho! Sehingga meningkatkan kebersihan tubuh baik perempuan maupun laki-laki pun penting yang tentu dapat menunjang kesehatan diri.

Selain kebersihan diri harus di perhatikan, dr. Yohanes Alda pun menyebutkan bahwa melakukan Vaksinisasi HPV harus di lakukan. Vaksin dapat mulai di berikan pada usia remaja 14 tahun. Umumnya dosis pemberian Vaksinisasi di lakukan sebanyak tiga dosis, namun jika vaksin telah di berikan sebelum usia 15 tahun (yaitu saat usia 14 tahun), maka vaksin cukup di berikan dua dosis saja. Berbeda dengan pemberian dosis saat 15 tahun ke atas, dimana mereka tetap di berikan tiga dosis.

Setelah menerima topik yang berkualitas dan bermanfaat mengenai pengenalan seputar kanker seviks, Acara Healing Garden di lanjut dengan keseruan lainnya dengan sesi tanya jawab yang melibatkan audiens yang hadir. Pada Healing Garden kali ini terdapat 3 penanya yang aktif bertanya mengenai kanker seviks. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di jawab secara jelas dan tepat oleh dr. Yohanes Alda, dimana tentu dapat bermanfaat pula bagi audiens.

Di luar topik mengenai Kanker Serviks, banyak pihak yang ikut medukung acara Healing Garden guna menghiasi keseruan kegiatan ini. Seperti hal nya aktivitas bernyanyi bersama audiens oleh Staff RS. St. Carolus, HOPE BAND, hingga dokter dan kegiatan Dance Hand Hygiene ya berguna memberikan hiburan sekaligus pengetahuan tentang kebersihan tangan yang masih sangat erat kaitannya mengenai kesehatan.

 

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.