Ketika Harga Diri Turun, Yuk, Gali Bakat Tersembunyi!

Harga Diri Rendah (HDR)
Harga Diri Rendah didefinisikan sebagai evaluasi diri negatif yang berkembang sebagai respon diri negatif yang berkembang sebagai respon diri terhadap hilangnya atau berubahnya perawatan diri pada seseorang yang sebelumnya memiliki evaluasi diri negatif. (Nanda, 2015)

JENIS – JENIS HDR

  • Harga Diri Rendah Situasional

Harga diri rendah situasional adalah suatu kegagalan dalam menjalankan fungsi & peran yang terjadi secara tiba tiba. Misalnya, perasaan malu terhadap diri sendiri karena sesuatu.

  • Harga Diri Rendah Kronis

Harga diri rendah kronis adalah evaluasi perasaan diri sendiri yang negatif dan dipertahankan dalam waktu yang lama.

Free Photo | Sad young woman at home (freepik.com)

FAKTOR PENYEBAB HDR

  • Harga Diri Rendah Situasional

Yaitu, terjadi terutama secara tiba-tiba, Misalnya harus operasi, kecelakaan, dicerai suami/istri, perasaan malu karena sesuatu (korban pemerkosaan).

  • Harga Diri Rendah Kronis

Yaitu, perasaan negatif terhadap diri yang berlangsung lama yaitu sebelum sakit atau dirawat. Klien mempunyai cara berfikir yang negatif. Kejadian sakit dan dirawat akan menambah persepsi negatif terhadap dirinya.

Free Photo | Depressed woman feeling unhappy in a relationship with her boyfriend and ignoring him while he is yelling at her (freepik.com)

TANDA DAN GEJALA HDR

Menurut (Keliat, 2011) tanda dan gejala harga diri rendah yaitu mengkritisi diri sendiri, perasaan tidak mampu, pandangan hidup yang pesimis, penurunan produktifitas, penolakan terhadap kemampuan diri.

UPAYA PENCEGAHAN

  1. Sadari bahwa anda tidak sendiri banyak orang juga mengalami krisis kepercayaan diri. Lakukan hal-hal yang anda sukai.
  2. Akui pencapaian anda. Ingatkan diri anda sendiri tentang pencapaian anda dan akui itu. Catat kekuatan anda, kenali pikiran perasaan anda sampai pada perasaan nyaman dengan diri sendiri.
  3. Terima kegagalan yang sudah terjadi, identifikasi pikiran negatif anda.
  4. Bicaralah dengan diri anda dan temukan secara pasti perasaan anda tentang diri anda sendiri.
  5. Memperbaiki diri anda sendiri, latih pikiran positif anda.

FAKTOR PREDISPOSISI

Penolakan dari orang tua, seperti tidak diberi pujian, dan sikap orang tua yang terlalu mengekang sehingga anak menjadi frustasi dan merasa tidak berguna.

FAKTOR PRESIPITASI

Masalah khusus tentang Harga Diri Rendah disebabkan oleh setiap situasi yang dihadapi individu dan ia tak mampu menyelesaikan.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.